LAGU DAERAH SETEMPAT
Sekolah : SMPN 9 Probolinggo
Mata pelajaran : Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas/ Semester : VII/ I (Satu)
Alokasi Waktu : 4 X 40 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
3. Mengapresiasi karya Seni Musik
II. KOMPETENSI DASAR
3.1 Mengidentifikasi jenis lagu daerah setempat
III. INDIKATOR
1. Menyebutkan Judul lagu daerah setempat( Jawa Timur )
2. Menyebutkan jenis lagu daerah setempat ( Jawa Timur )
3. Menyebutkan Ciri-ciri lagu daerah setempat
4. Menyebutkan fungsi lagu daerah setempat
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa mampu mengidentifikasi lagu daerah setempat
2. Siswa mampu menyanyikan minimal 2 lagu daerah Jawa Timur
V. MATERI PEMBELAJARAN
· Lagu daerah setempat
VI. METODE PEMBELAJARAN
Demonstrasi,ceramah,diskusi,learning by musik
MATERI
A. Lagu daerah setempat
1. Judul lagu daerah dan asal daerah
Madura : Tandhuk majeng, Pajjer lagguh, Geleng sokoh, geik bintang, kerraben sapeh
Surabaya : Rek ayo rek, Semanggi Suroboyo,Tanjung perak
Banyuwangi : Wulan andung-andung
2. Jenis lagu daerah
Lagu pop,dangdut, keroncong, campur sari
3. Ciri-ciri lagu daerah
· Memakai bahasa daerah
· Mengisahkan budaya setempat
· Mengisahkan tata cara kehidupan sehari-hari
· Mengisahkan adat istiadat daerah setempat
· NN ( No Name ) tidak diketahui penciptanya
4. Fungsi lagu daerah
· Sebagai sarana religi dan upacara adat
· Sebagai sarana bermain
· Sebagai media komunikasi
· Sebagai pengiring tari dan pertunjukan
B. Tugas Kelompok
1. Tulislah syair lagu daerah setempat!( pilih lagu yang di sukai )
2. Nyanyikan bersama kelompok syair lagu yang ditulis!
C. Tugas Individu
§ Pilihlah jawaban yang benar
1. Tandhuk majeng lagu daerah yang berasal dari…
a. Jawa barat c. Jawa timur
b. Jawa tengah d. Sumatra barat
2. …Bapak tane se tedung pon jegeeh…
Potongan syair lagu diatas berjudul….
a. Tandhuk majeng c. Geik bintang
b. Pajjer lagguh d. Geleng sokoh
3. Rek ayo rek mlaku-mlaku bebarengan…
Syair lagu sebelumnya adalah…
a. Rek ayo rek sopo gelem melu aku
b. Rek ayo rek mlaku-mlaku nang tunjungan
c. Cak ayo cak sopo gelem melu aku
d. Cak ayo cak golek kenalan cah ayu
4. Lagu dibawah ini berasal dari Surabaya
a. Semanggi Suroboyo c. Tanjung priok
b. Laskar Suroboyo d. Tandhuk majeng
5. Wulan andung-andung merupakan judul lagu yang berasal dari ….
a. Madura c. Banyuwangi
b. Surabaya d. Probolinggo
6. Tidak diketehui penciptanya disebut juga ….
a. NN c. NB
b. NM d. ND
7. Dibawah ini yang bukan merupakan ciri-ciri lagu daerah
a. Mengisahkan budaya setempat
b. Mengisahkan tata cara kehidupan sehari-hari
c. Mengisahkan budaya setempat
d. Memakai bahasa nasional
8. Sholawat Nabi yang dilagukan merupakan fungsi lagu sebagai sarana......
a. Bermain c. pendidikan
b. Religi d. Komunikasi
9. Geik bintang merupakan lagu Madura yang berfungsi sebagai sarana .......
a. Bermain c. pendidikan
b. Religi d. Komunikasi
10. Lagu daerah berfungsi untuk mempersatukan bangsa yaitu sebagai sarana.....
a. Bermain c. Pendidikan
b. Religi d. Komunikasi
TEBAK LAGU TULISLAH JUDUL LAGU DARI MELODI YANG SUDAH DIPERDENGARKAN !!!!! |
1. ..........................................
2. ..........................................
3. ..........................................
4. ..........................................
5. ..........................................
COBA TEBAK ....MANA PASANGAN NYA????
1. Lagu sebagai media bermain A. Surabaya
2. Tidak diketahui penciptanya B. Geik Bintang
3. Pajer Lagguh C. Tandhuk Majeng
4. Rek ayo rek D. NN
5. Menceritakan kehidupan nelayan E. Madura
Sekolah : SMP
Mata pelajaran : Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas/ Semester : VII/ I (Satu)
Alokasi Waktu : 6 X 40 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
3. Mengapresiasi karya Seni Musik
II. KOMPETENSI DASAR
3.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan lagu daerah setempat
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.Siswa mampu menyebutkan keunikan lagu daerah setempat
IV. MATERI AJAR
Apresiasi keunikan karya seni musik lagu tanduk majeng
V. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah, Diskusi, Pembelajaran langsung(Inkuiri (menemukan))
MATERI
A. STRUKTUR FORMAL MUSIK DAERAH
1. IRAMA
· Sifat Nada
Nada adalah unsur utama terbentuknya musik yang indah.Nada merupakan suara terpilih yang terdengar enak.Nada memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
a.Tinggi Nada ( Pitch )
Tinggi nada berkaitan dengan frekuensi atau banyaknya getaran tiap detik.
b. Panjang Nada ( Durasi )
Panjang nada merupakan lama suatu nada di bunyi
NOTASI BALOK
= Not penuh 4 ketukan
= Not setengah 2 ketukan
= Not seperempat 1 Ketukan
= Not seperdelapan ½ ketukan
= Not seperenam belas ¼ ketukan
NOT BERTITIK
= 3 ketukan
= 1 ½ ketukan
= ¾ ketukan
TANDA DIAM/ ISTIRAHAT
= 4 ketuk
= 2 ketuk
= 1ketuk
= ½ ketuk
= ¼ ketuk
= Legatura
# = Kruis
= Mol
= Pugar
c. Intensitas Nada
Intensitas nada berarti keras lembutnya bunyi suatu nada.Keras lembutnya nada di sebut juga Dinamika. Beberapa lambang tanda dinamik dalam musik yang menunjukkan keras lembutnya nada antara lain sebagai berikut:
f = forte = Keras
ff = fortissimo = Sangat keras
mf = mezzo forte = agak keras
p = piano = lembut
pp = pianissimo = sangat lembut
mp = mezzo piano = agak lembut
< = crescendo = makin lama makin keras
> = decrescendo = makin lama makin lembut
d. Warna Nada ( Timbre )
Warna nada adalah jenis suara yang dihasilkan.Ada beberapa hal yang mempengaruhi warna nada adalah Sumber bunyi, resonator ( ruang gema ), dan cara memainkan sumber bunyi.
· Tangga Nada
Tangga nada terdiri dari nada nada yang bertingkat tingkat tingginya. Jarak antara nada yang satu dengan nada yang lain di sebut interval
Mayor
Diatonis
Minor
Tangga Nada
Pelog
Pentatonis
Slendro
· Pulsa da Pola irama
Pulsa adalah ketukan dasar lagu dengan panjang durasi yang tetap.
Irama adalah ketukan dasar lagu berdurasi tak sama panjang tetapi konsisten dan berulang dengan pola tertentu.
· Birama
Birama merupakan pengelompokan ketukan menjadi beberapa unit hitungan. Misalnya birama 2/4. ¾, 4/4, 6/8. Tiap kelompok terdapat garis pembatas yang disebut garis birama ( bar line )
Birama 2/4
1 2
Birama 3/4
1 3
2
Birama 4/4 1 4
3
2
Birama 6/8 1
4 6
3 2 5
2. SYAIR
a. Sajak syair
Sajak sama aaaa, bbbb
Sajak selang abab
Sajak peluk abba
Sajak pasang aabbcc
Sajak patah abcb,aaba
b. Bentuk syair
Syair terikat dan syair bebas
NOTASI ANGKA DAN NOTASI BALOK
Contoh :
1 2 3 4 5 6 7 i
Do re mi fa sol la si do
UBAHLAH KEDALAM NOTASI BALOK
1. 1 . . 2 3 . 5 6 5 1 . 6 5 3 2 . . 0
2. 3 . 4 3 . 2 1 . 0 3 2 3 . 1 . 0
3. 0 0 0 3 4 5 5 5 1 7 . 6 5 3 4 5 1 7 6
7 . 0 2 3
4. 1 3 5 5 . 4 3 2 2 0
5. 1 . 7 6 . 6 7 6 5
UBAHLAH KEDALAM NOTASI ANGKA
1.
2.
TEKA-TEKI SILANG
1 p | i | a | n2 | 11o | ||||
a | | | o | | ||||
j | | | t | | ||||
a | | | a | | ||||
r | | | s | | ||||
l | | | i | | ||||
a | | | b | | ||||
3g | 4i | 10t | a | r | ||||
g | | | l | | ||||
u | | | o | | | 7 | ||
h | | | k | | | | ||
| | | 8b | i | r | a | m | a |
| 5v | i | o | l | i | n | ||
9j | a | t | i | m | ||||
| 6l | e | g | a | t | u | r | a |
MENDATAR
1. Nama alat musik yang dimainkan dengan cara menekan tuts
3. Alat musik petik
5. Biola
6. Tanda lengkung untuk memperpanjang nada
8. 2/4,3/4,4/4
9. Asal daerah lagu Rek ayo rek
MENURUN
1. Judul lagu yang menceritakan tentang petani
2. Nada yang ditulis dengan simbol gambar
4. Jarak antara nada yang satu dengan nada yang lain
7. Nada (dibalik )
10. Seruling
11. Musik yang di mainkan oleh banyak orang secara bersama-sama
Sekolah : SMP
Mata pelajaran : Seni Budaya/ Seni Musik
Kelas/ Semester : VII/ I (Satu)
Alokasi Waktu : 10 X 40 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
4. Mengekpresikan diri melalui karya seni musik
II. KOMPETENSI DASAR
4.1 Mengaransir secara sederhana karya lagu daerah setempat
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mampu mengaransir secara sederhana lagu daerah setempat
IV. MATERI AJAR
Aransemen lagu daerah setempat
V. METODE PEMBELAJARAN
Ceramah,demonstrasi dan pembelajaran langsung
MATERI
TEKNIK VOKAL
A. INTONASI
Intonasi adalah Ketepatan nada ( pitch ).Bunyi nada yang tepat akan menghasilkan suara yng jernih dan enak didengar. Untuk membentuk intonasi yang baik diperlukan :
· Pendengaran yang baik
· Kontrol pernapasan
· Rasa musikal
B. ARTIKULASI
Artikulasi berarti kejelasan nada dan kata-kata, teknik memproduksi suara yang baik dan mengucapkannya dengan jelas.Faktor-faktor yang perlu di perhatikan dalam mendapatkan artikulasi yang baik.adalah sebagai berikut :
· Sikap badan
· Posisi mulut
D. PERNAPASAN
Ada tiga macam pernapasan yaitu pernapasan dada, pernapasan perut dan pernapasan diafragma.
Pernapasan dada adalah pernapasan dari rongga dada, bagian tubuh yang mengembang adalah dada
Pernapasan perut bagian tubuh yang mengembang adalah perut
Pernapasan diafragma adalah pernapasan antara rongga dada dan rongga perut
E. PEMBAWAAN
Pembawaan disebut juga ekspresi.Penyanyi hendaknya membawakan lagu sesuai dengan isi dan jiwa yang ingin ditampilkan penciptanya.
ARANSMEN LAGU DAERAH
Unsur-unsur musik yang perlu dipelajari sebelum membuat aransmen yaitu
a. Irama adalah Rangkaian panjang/pendek nada dalam suatu nada dalam suatu lagu.
b. Harmoni adalah Hubungan nada yang satu dengan nada yang lain atau keselarasan nada.
c. Nada adalah bunyi yang teratur dan indah didengar.
d. Notasi adalah Lambang penulisan nada yaitu notasi balok dan notasi angka.
Untuk membuat suatu aransmen sederhana kita perlu pelajari lagu daerah yang kita pilih,membuat melodi selingan, menentukan instrumen musik yang dipakai serta pola ritme yang akan dikembangkan.
Langkah-langkah mengaransmen lagu
1. Menentukan tema
Tema merupakan watak tertentu yang tergambar dalam lagu sedangkan judul lagu merupakan titik perhatian dari karya itu
2. Mendahulukan syair
3. Membuat motif dan frase musik
· Pembentukan frase lagu
Frase beraturan yang terdiri dari anteseden ( kalimat tanya ) dan konsekuen ( jawaban ), Frase sejajar beraturan yang bisa dilihat dari perbedaan melodi antara melodi baris pertama dan baris kedua.
· Pengembangan frase lagu
a. Teknik repetisi yaitu melodi yang sudah ada di ulang secara utuh dan dipergunakan untuk syair lagu yang berbeda
b. Teknik variasi yaitu frase melodi pada syair tertentu diulang kembali dengan diadakan perubahan tertentu.
c. Teknik kontras yaitu frase melodi pada syair tertentu diubah sedemikian rupa sehingga terdengar berlawanandengan melodi yang pertama.
4. Mengubah melodi
5. Membentuk lagu
6. Melodi selingan
TUGAS KELOMPOK
1. Pilih lagu daerah yang akan diaransmen
2. Gubahlah lagu dengan aransmen sederhana
3. Nyanyikan hasil aransmen bersama kelompok
Sekolah : SMPN 9 Probolinggo
Mata pelajaran : Seni Budaya/ Senu Musik
Kelas/ Semester : VII/ I (Satu)
Alokasi Waktu : 8 X 40 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
4. Mengekpresikan diri melalui karya seni musik
II. KOMPETENSI DASAR
4.2 Menampilkan hasil aransemen karya lagu daerah setempat
III. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Mampu menampilkan hasil aransemen lagu daerah setempat dengan baik
IV. MATERI AJAR
Aransemen lagu daerah setempat
V. METODE PEMBELAJARAN
Pembelajaran Langsung
Menyiapkan pementasan hasil aransmen sederhana lagu daerah
TUGAS AKHIR
Menampilkan hasil aransmen
Latihan Soal
A. Coba tebak .....mana yang benar
1. Lagu Geik Bintang berasal dari......
a. Jawa Timur c. Jawa Tengah
b. Jawa Barat d. Kalimantan Timur
2. Di bawah ini yang bukan ciri-ciri musik daerah
a. Menggunakan bahasa daerah setempat
b. NN ( tidak diketehui penciptanya )
c. Mengisahkan budaya setempat
d. Menggunakan melodi yang rumit
3. Di bawah ini merupakan lagu yang berasal dari Jawa timur
a. Suwe ora jamu c. Rek ayo rek
b. Lir-ilir d. Gundhul-gundhul pacul
4. Di bawah ini yang bukan merupakan lagu yang berasal dari Madura
a. Si patokaan c. Geik bintang
b. Pajer lagguh d. Tandhuk majeng
5. Tidak diketehui penciptanya disebut juga ….
c. NN c. NB
d. NM d. ND
6. Dibawah ini yang bukan merupakan ciri-ciri lagu daerah
a. Mengisahkan budaya setempat
b. Mengisahkan tata cara kehidupan sehari-hari
c. Mengisahkan budaya setempat
d. Memakai bahasa nasional
7. Sholawat Nabi yang dilagukan merupakan fungsi lagu sebagai sarana......
a. Bermain c. pendidikan
b. Religi d. Komunikasi
8. Geik bintang merupakan lagu Madura yang berfungsi sebagai sarana .......
a. Bermain c. pendidikan
b. Religi d. Komunikasi
9. Lagu daerah berfungsi untuk mempersatukan bangsa yaitu sebagai sarana.....
a. Bermain c. Pendidikan
b. Religi d. Komunikasi
10.
Not angka dari not balok di samping.
a. 3 4 c. 1 2
b. 5 4 d. 2 4
11.
Gambar di samping menunjukkan nada......
a. 1 b. 1 c. 2 d. 2
12.
Notasi di samping adalah.....
a. 7 . 0 c. 7 0
b. 7 . . 0 d. 7 .
13.
Gambar di samping merupakan birama....
a. 2/4 b. ¾ c. 4/4 d. 6/8
14. Rek ayo rek mlaku-mlaku nang tanjungan
Rek ayo rek mlaku-mlaku bebarengan
Cak ayo cak sopo gelem melu aku
Cak ayo cak golek kenalan cah ayu
Syair di atas bersajak......
a. Sama b. Pasang c. Selang d. Peluk
15. Intonasi Adalah.....
a. Ketepatan ekspresi c. Ketepatan iringan
b. Ketepatan nada d. Ketepatan tempo
16. Di bawah ini yang bukan faktor yang mempengaruhi intonasi adalah.....
a. Rasa musikal c. Pendengaran yang baik
b. Penampilan yang baik d. Kontrol pernapasan
17. Kejelasan nada dan kata-kata disebut.....
a. Intonasi b. Ekspresi c. Pernapasan d. Artikulasi
18. Pernapasan yang baik untuk bernyanyi adalah.........
a. Pernapasan dada c. Pernapasan Perut
b. Pernapasan diafragma d. Semua jenis pernapasan bagus
19. Pembawaan disebut juga.....
a. Intonasi b. Ekspresi c. Pernapasan d. Artikulasi
20. Faktor yang mempengaruhi artikulasi adalah...
a. Sikap badan dan posisi mulut
b. Sikap badan dan ekspresi
c. Posisi mulut dan gerak badan
d. Posisi mulut dan pernapasan
MAU ? ISI AKU DULU.......!!!!!!!!
1. Harmoni adalah.........
2. Irama adalah........
3. Nada adalah.......
4. Notasi adalah.........
5. Pernapasan diafragma adalah......
6. Teknik repetisi adalah......
7. Teknik Variasi adalah.....
8. Teknik Kontras adalah.......
9. Jelaskan sikap badan yang baik dalam bernyanyi!
10. Jelaskan posisi mulut yang baik dalam bernyanyi!
itu soal untuk kelas berapa ?
BalasHapusini LKS sy kelas 7
BalasHapusmatur nuwun....bu rini, smpk
BalasHapus